Arsip

Archive for Juni, 2008

Masjid Inyiak DeEr

20 Juni 2008 2 komentar

banner8Terletak di kampung Sungai Batang, di tepian Danau Maninjau Sumbar, Masjid Inyiak DeEr mencerminkan kehebatan generasi sebuah nagari (desa) tempat masjid itu berada. Pasalnya, di sini tidak saja lahir pemikir-pemikir hebat, tapi juga ‘pelabuhan’ pertama bagi Muhammadiyah. Inyiak DeEr adalah nama tokoh yang sangat berpengaruh dalam gerakan pembaharuan Islam di Minangkabau pada awal abad 20, sekaligus bapak Muhamadiyah Sumatra Barat. Lewat kepiawaiannya, Muhamadiyah berkembang pesat di Ranah Minang ini.

Baca selengkapnya…

Sebatas Merayakan, Belum Menikmati (Kisah Alumni-Delianur)

20 Juni 2008 8 komentar

banner8Barusan dalam perjalanan dari kampus Unpad Jatinangor ke tempat teman saya di pasar cikuda terhambat macet, sehingga saya mesti berjalan kaki sejauh 1 km lebih. Hambatannya, pawai peringatan hari kemerdekaan yang dilaksanakan oleh masyarakat Jatinangor Sumedang.

Ragam atraksi di tunjukan masyarakat sesuai dengan kearifan, kapasitas dan kemampuan financial masyarakat tentunya. Ada yang kreatif ada yang konvensional. Tetapi semuanya mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Baca selengkapnya…

Kategori:Kisah Alumni

REALISASI PROGRAM OSOL TAHUN 2006 di Perguruan Thawalib

banner8PeguruanThawalib Padang Panjang berdiri semanjak tahun 1911 M, sampai sekarang telah berusia 95 tahun. Dalam perjalanan sejarah Perguruan Thawalib yang kental dengan sebutan gerakan pendidikan ‘Sumatera Thawalib’ sebagai lembaga pendidikan modern pertama di Sumatera. Sistem pendidikan yang dikembangkan Thawalib merupakan hasil interaksi dari dunia Islam dalam pembaharuan pendidikan Islam melalui pemikir-pemikir dan pembaharu (Mujaddid).

Baca selengkapnya…

Kategori:Berita

Komentar Alumni (Moehamad Nazir Zaidan)

20 Juni 2008 4 komentar

Berjuang terus thawalib aku sebagai santrinya sangat bangga sekali.

BERJUANG TERUS THAWALIB

Kategori:Komentar Alumni